Kanal

Tips Persiapan Jelang Libur Akhir Tahun yang Harus Diperhatikan, Siap Untuk Liburan?

Riautribune.com - Tanpa terasa, saat ini sudah berada di bulan November, artinya sebentar lagi akan tiba waktu libur akhir tahun.

Berdasarkan penuturan beberapa pihak rata-rata koresponden mengatakan bahwa libur akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk mengisi waktu dengan berlibur bersama keluarga.

Adapun sebagian besar alasan mereka yang mengatakan sudah tidak sabar menunggu waktu libur akhir tahun, karena pada momentum ini semua orang memiliki waktu libur yang panjang. 

Baca Juga : 4 Negara yang Menolak Paspor Baru Indonesia Tanpa Tanda Tangan

Tentunya dengan bepergian bersama keluarga, ada beberapa hal yang harus disiapkan agar tidak kewalahan saat hari keberangkatan.

Dapat dijadikan acuan sederhana, berikut tips persiapan jelang libur akhir tahun bersama keluarga yang harus diperhatikan.

1. Buatlah rencana perjalanan

Tentunya perlu melakukan persiapan dan membuat rencana perjalanan di destinasi tujuan.

Baca Juga : 10 Makanan Terlarang Saat Amandel Bengkak, Bukan Cuma Es

Setelah memilih destinasi tempat wisata yang cocok untuk keluarga, tentunya kita bisa tentukan lagi kegiatan apa saja yang akan dilakukan di tempat wisata.

2. Lakukan riset dan siapkan dokumen penting 

Sebelum mengunjungi destinasi yang dituju, ada baiknya untuk melakukan riset, karena riset adalah hal yang harus dilakukan sebelum bepergian ke mana pun dan kapan pun.

Untuk memudahkan riset, tentunya dapat dimulai dari destinasi yang akan dikunjungi, akomodasi atau transportasi yang akan digunakan.

Baca Juga : 5 Kebiasaan yang Bikin Otak Lemot: Terlalu Lama Sendiri

Dengan melakukan riset, setiap pelancong akan memiliki bayangan terkait tempat wisata apa yang akan dipilih, sehingga dengan begini akan lebih mudah untuk memilih tempat wisata yang cocok untuk liburan keluarga.

Setelah melakukan riset, pastikan untuk menyiapkan segala dokumen penting seperti KTP dan SIM, lalu bila ingin bepergian ke luar negeri, harus mempersiapkan visa, paspor dan dokumen terkait lainnya.

3. Jaga kesehatan fisik dan siapkan perlengkapan kesehatan

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh, walaupun saat liburan nantinya pergi dengan keadaan sehat, tetap perlu menyediakan obat-obatan medis atau vitamin yang diperlukan untuk berjaga-jaga.

Baca Juga : 3 Cara Mengetahui Email yang Dikirim Sudah Dibaca atau Belum

Tidak lupa, siapkan juga asuransi perjalanan agar pengalaman wisata semakin aman dan nyaman.

Tak kalah penting, untuk bepergian ke luar negeri, sesuaikan juga pakaian dengan musim di negara tujuan, sebab beda negara yang dikunjungi, berbeda pula musimnya.

4. Pandailah mengatur waktu

Jika berencana pergi jauh ke luar negeri, cobalah untuk berusaha mengatur waktu. 

Baca Juga : Ini Efek Minum Kopi Pada Kualitas Sperma

Harus diusahakan untuk tidak menunda-nunda pembelian tiket transportasi, karena dikhawatirkan harga tiket alat transportasi mengalami kenaikan, apalagi di akhir tahun.

Setelah memesan tiket, sebaiknya datang ke bandara atau stasiun beberapa jam sebelum keberangkatan agar tidak tergesa-gesa saat mengikuti semua prosedur sebelum keberangkatan. 

5. Pastikan membawa uang saku yang cukup

Terakhir dan tidak kalah penting, pastikan sudah mempersiapkan dana dan membawa uang saku yang cukup.

Baca Juga : Studi: Bawang Merah Dapat Bantu Turunkan Kadar Gula Darah Hingga 50 Persen

Sebaiknya pastikan untuk mengalokasikan sebagian dana perjalanan untuk uang saku, karena saat bepergian, dana ini biasanya akan dipergunakan untuk membeli makanan ataupun oleh-oleh.

Kalau bepergian ke luar negeri, tentunya juga harus mengkonversikan uang ke mata uang asing dari negara yang akan dikunjungi.

Sebagai informasi, hindari menukarkan uang di luar negeri, karena biasanya rate yang ditawarkan tentunya jauh lebih mahal dari pasaran.

Baca Juga : Facebook Diterpa Krisis, Zuckerberg Tebar Ancaman PHK Karyawan

Selain menyiapkan uang saku yang cukup, bagi pengguna kartu kredit, bisa langsung menginformasikan kepada penerbit kartu kredit.

 

Pastikan bank penerbit kartu kredit menerima informasi jadwal dan destinasi perjalanan agar transaksi untuk konsumsi serta belanja dapat terlaksana dengan aman dan nyaman.

 

Untuk dijadikan pedoman, saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir, pastikan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

 

Demikian tips persiapan jelang libur akhir tahun yang harus diperhatikan, semoga bermanfaat dan selamat mempersiapkan liburan. ***

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER